Monday, September 14, 2015

Cantik Alami

Cantik Alami
Cantik Alami

Pada kesempatan ini kita akan bahas bagaimana merawat atau menjaga kecantikan dengan cara alami yaitu dengan ramuan herbal tradisional. Sebelum lebih jauh bahasan ini sebagai awalan kita akan bahaspengertian cantik.

Cantik bisa dinilai dari dua sudut pandang;


Secara bathin
Cantik secara Lahir (dhohir)
Kecantikan dari bathin seorang wanita dilihat dari ahlaknya, budi pekertinya, rasa sosialnya, ibadahnya dan lain sebagainya. Sedangkan kecantikan dhohir seorang wanita bisa dilihat dari fisiknya dan ini sangatlah relatif, maksudnya seseorang melihat kecantikan dari lahir tidaklah sama ukurannya meskipun ada pandangan secara umum bagaimana seorang wanita dikatakan cantik. Bisa dilihat dari penampilannya dan postur tubuhnya, tapi sekali lagi itu hanya bersifat relatif. Jadi bagi mereka yang tidak memiliki tanda tanda kecantikan secara umum janganlah mengurangi rasa syukur kepada sang pencipta, begitu pula sebaliknya bagi mereka yang diberikan kecantikan secara dhohir janganlah membuat lupa diri dan bahkan takabur karena merasa dirimu cantik, karena kecantikan lahir (dhohir) hanyalah bersifat sementara. Jadi bisa diarti
kan bahwa kecantikan seorang wanita sangatlah tergantung pasa siapa yang melihat dan menilainya. Bagaimanapun menurut saya semua wanita itu cantik dan yang tercantik adalah istriku tercinta.

Lanjut pada pokok bahasan yaitu kita akan akan bahas bagaimana merawat apa yang telah diberikan olehNya khusus kepada wanita. bahasannya antara lain;

Menghaluskan kulit
Menghilangkan noda atau bekas luka
Melangsingkan tubuh
Cara alami menghaluskan kulit
Kulit, terutama kulit muka pada wanita sangat berpengaruh pada penampilan. Kulit muka pada wanita sangat penting untuk dirawat dan dijaga agar tetap segar, halus dan bersei seri. Kulit yang kasar, kotor dan kurang cerah dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya; darah kotor, kekurangan zat asam nekotin atau vitamin A, banyak terkena sinar matahari, atau gangguan suatu penyakit.

Gejala dari kulit muka yang ga sehat antara lain; kulit kusam, terlihat kotor, bersisik, dan kadang pecah-pecah

Ramuan alami untuk menghaluskan kulit
Siapkan 1 gelas air nanas, 1 buah alpukat, 5 sendok makan perasan singkong dan satu sendok madu murni.
Cara membuatnya yaitu; semua bahan dicampur dan diaduk jadisatu sampai benar benar merata dan minumlah menjelang tidur malam dan lakukanlah 5 hari sekali.

Cara menghilangkan noda dan bekas luka
Bekas luka meninggalkan cacat atau noda, hal ini sangat mengurangi penampian khususnya bagi wanita. Apalagi jika bekas luka tersebut ada di wajah. Bekas luka atau noda yang kita bahas ini misalnya karena cacar air, karena luka ataupun karena digigit serangga.

Tanda tandanya yaitu antara lain; pada wajah terdapat noda hitam membekas, kulit menjadi kasar dan menebal.

Ramuan herbal untuk menghilangkan noda dan bekas luka
Siapkan 1 genggam paria dan 2 sendok tepung beras. Cara membuatnya; daun paria ditumbuk halus, diberi air panas lalu diperas dan airnya dicampur dengan tepung beras dan diaduk merata. Penggunaannya; Oleskan pada bagian kulit yang bernoda pada setiap akan tidur malam. Dalam beberapa hari saja akan terlihat efeknya, yaitu noda sudah berkurang dan bahkan menghilang.

Cara tradisional untuk melangsingkan tubuh
Wanita yang mempunyai badan subur atau gemuk, trutama bagi remaja putri akan slalu berusaha untuk melangsingkan tubuhnya. Bagi mereka yang mengalaminya hendaklah perbanyak olahraga, Kendalikan makan minum dan tidur ataupun berpuasa karena puasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tips dan cara sederhana menurunkan berat badan dan bersantap sehat


1. Mulailah Hari anda dengan segelas jus anggur agar tingkat trigliserida menurun. Trigliserida sering diasosiasikan dengan masalah penyakit jantung.

2. Hindari Olahan makanan yang mengandung lebih dari lima bahan. Karena semakin banyak bahan yang digunakan, maka proses pengolahan dilambung juga semakin lama

3. Ambil Sedikit saja makanan favorit anda. Ini cara yang sangat jitu untuk menghindarkan diri anda tergantung pada cemilan tersebut

4. Makan Buah – Buahan yang mengandung banyak vitamin dan jangan mengupas kulit buah tertentu, seperti apel misalnya. Karena dengan mengupas kulitnya, kita bisa kehilangan 25% vitamin, mineral dan serat yang dikandungnya.

5. Bila anda Suka dengan permen disarankan untuk menjauhkannya dari tempat anda biasa “mangkal”. Penelitian menunjukkan bahwa dengan berjalan mengambil permen, sebenarnya anda hanya menyantap setengah dari permen tersebut. Belum lagi kalau Anda tidak jadi menyantapnya karena malas bergerak untuk mengambilnya.

6. Konsumsi Lebih banyak protein jika ingin menurunkan berat badan dengan stabil. Jangan lupa sumber protein non hewani sepert kacang, tofu, sereal wholegrain, dan kacang buncis. Protein dapat menambah kinerja tubuh sehingga lebih banyak membakar lemak.

7. Simpan Dan Sajikan semangka pada suhu sedang. Nutrisinya akan meningkat sebanyak 40%. Menurut ahli, kondisi ini dimungkinkan karena terjadi proses pematangan.

8. Jangan Membuang sayur yang bagian daunnya berwarna hijau gelap, seperti pada sayuran bayam atau pak coy, karena justru bagian ini yang paling bernutrisi.

9. Campur Adukkan Salad dengan dressing berbahan dasar cuka, agar kenyang lebih lama.

10. Gantikan Sour Cream / Krim Asam dengan yoghurt rendah lemak saat menyajikan kentang panggang atau kroket. Yoghurt rendah lemak ini baik juga digunakan sebagai pengganti mentega pada mashed potatoes.

11. Minumlah Air hangat dengan jus lemon pada pagi hari. Ini seperti mini – detox yang membantu pencernaan dan membersihkan liver anda.

12. Cobalah Menyantap 20 – 30 bahan makanan yang berbeda untuk memperoleh nutrisi maksimal dan manfaat antioksidannya.

13. Ganti Santan pada masakan bersantan dengan susu skim evaporated. Kalau ingin tetap ada aroma kelapanya, tambahkan saja sedikit essens kelapa.

14. Baik Sekali kalau anda sering – sering mengkonsumsi buncis. Anda bisa menambahkannya pada saus bolognaise. Atau, sajikan buncis dengan saus celupan yang dibuat dari blenderan bwang putih, campurkan minyak zaitun, dan jus lemon sebagai bahan celupan. Bisa juga menambahkannya pada salad.

15. Sebagai Cemilan, lebih baik menyantap sayuran panggang / rebus daripada mengunyah sekaleng keripik kentang.

16. Jangan Berlebihan mengkonsumsi produk berlabel low fat atau low carb (karbohidrat rendah). Dikarenakan seringkali produk semacam ini kandungannya tak jauh berbeda dengan versi aslinya.

17. Jangan Mencoba semua menu makanan saat ada jamuan makan. Cukup pilih satu atau dua jenis yang paling anda suka, lalu lanjutkan dengan salad.

18. Gunakan minyak canola atau minya zaitun sebaga olesan pada baking pan dan hidangan, panggangan atau penggorengan. Ini lebih sehat ketimbang mentega atau minyak goreng biasa.

19. Jangan lapisi wajan Anda dengan minyak. Tapi campurkan dua sendok makan minyak pada daging, baru masukkan ke wajan panas.

20. Minumlah jus sayur segar setiap pagi. Cobalah wortel, seledri, bayam kecil, timun, selada air atau lobak. Campurkan dengan jus apel sebagai pemanis.

21.Perbanyak makan mangga. Menyantap 1 buah mangga sudah 100 persen mencukupi kebutuhan betakaroten dan vitamin C. Termasuk sejumlah vitamin E, serat, dan mineral seperti besi, kalsium, magnesium, seng, potasium dan asam folik.

22. Gunakan peralatan dan mangkuk yang berukuran kecil. Penelitian menunjukkan, kita cenderung makan lebih banyak jika peralatan makan dan piringnya juga berukuran besar.

23. Masaklah masakan Anda dengan bawang putih. Satu siung saja dapat membantu menurunkan kolesterol hingga sembilan persen.

24. Tetap gunakan ukuran normal suatu produk. Saat ada promosi, kita cenderung memiliki ukuran family atau ekonomis yang lebih besar dan lebih murah. Kita lupa setiap masih ada sisa makanan, kita cenderung menyantapnya lagi. Tentu jumlahnya lebih banyak dari ukuran biasa.

25. Perbanyak masakan dengan bawang merah. Umbi ini memiliki tingkat fitokemikal pelawan kanker yang sangat tinggi.

26.Cobalah yoghurt low fat, cracker wholemeal bersama keju low fat, buah, atau kacang kering.

27. Sisaikan suap setiap kali Anda makan. Setiap suap mengandung 105 kilojoule (kj). Jadi, sekali makan Anda memotong hingga 315 kj. Artinya bisa mencapai 945 kj per hari!

28. gunakan dan bumbu yang segar. Di dalamnya terkandung antioksidan dan bisa memperkaya rasa tanpa tambahan lemak.

29. Minumlah kopi dalam ukuran sedang. Penelitian menunjukkan, kopi dapat menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung, dan liver.

Ramuan tradisional untuk melangsingkan tubuh


Siapkan 3 sendok makan Teh, 1 buah jeruk nipis, 1 gelas air masak. Cara pembuatanya teh diseduh dalam gelas berisi air panas, jeruk dibelah dan diperas kedalam seduan teh dan aduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 1 gelas pagi hari dan 1 gelas sore hari.

0 comments:

Post a Comment